Panduan Cara Melakukan Check-In dan Cek Data Peserta di Agendakota.id

Agendakota.id merupakan platform yang dirancang untuk mempermudah pengelolaan berbagai jenis acara. Salah satu fitur penting yang ditawarkan adalah adanya beragam cara untuk check-in peserta serta mengecek data peserta dengan cepat. Fitur ini dirancang untuk membantu panitia acara memastikan proses registrasi berlangsung dengan lancar dan akurat.

Namun sebelum itu, terdapat beberapa syarat yang harus diperhatikan sebelum peserta melakukan check-in. Yaitu :

  1. Jika tiket Anda dipindah tangan ke orang lain, Anda harus menginput email penerima tiket dan penerima tiket harus menerima tiket tersebut melalui email terlebih dahulu.
  2. Jika tiket masih berstatus Waiting Accepted, maka tiket tidak dapat digunakan untuk check-in kecuali Anda telah melakukan Get Back atau menarik kembali undangannya.
  3. Check-in baru bisa dilakukan minimal H-2 jam sebelum waktu start event yang sudah anda input saat membuat event (Lihat kolom informasi event pada tab General). Sampai dengan waktu selesai event.

Terdapat 2 cara yang dapat dipilih tergantung dengan jumlah peserta pada acara Anda. Melalui panduan ini, Anda dapat mengetahui perbedaan diantara keduanya sekaligus panduannya secara lengkap.

Berikut Panduan Lengkap Cara Menyiapkan Check-In Peserta Untuk Keperluan Registrasi :

Langkah 1 : Klik Event Yang Sudah Anda Buat Sebelumnya Lalu Klik Opsi More

Saat acara sudah selesai dibuat, Anda dapat langsung klik pada opsi More untuk melihat berbagai fitur check-in untuk peserta disana.

Menu More Pada Agendakota.id

Langkah 2 : Menyiapkan Check-In Peserta Menggunakan Fitur Auto Checkin

Menu Auto Checkin Pada Agendakota.id

Cara kesatu ini merupakan cara yang paling sering digunakan oleh para pengelola acara. Melalui fitur Auto Checkin ini, anda dapat memilih ingin menggunakan QR Scan atau Laser USB.

Keduanya berbeda hanya dari segi medianya saja. QR Scan memungkinkan peserta untuk langsung scan barcode menggunakan kamera laptop atau kamera pada alat elektronik sejenisnya. Sedangkan Laser USB memungkinkan peserta untuk scan barcode menggunakan alat scanner yang tentu harus dipersiapkan khusus oleh pengelola acara.

Baca Juga  Panduan Cara Menambahkan Tiket dan Program Layanan di Agendakota.id
2 Pilihan Auto Checkin Pada Agendakota.id

Langkah 3 : Menyiapkan Check-In Peserta Menggunakan Fitur Self Checkin

Fitur Self Checkin ini akan memudahkan Anda sebagai pengelola acara. Cukup klik Download Pdf kemudian pasang QR Event di tempat yang mudah terlihat. Sehingga peserta dapat melakukan check-in secara mandiri.

Menu Self Checkin Pada Agendakota.id

Anda dapat memilih cara check-in yang sesuai dengan kebutuhan acara Anda sendiri. Pastikan Anda sudah menyiapkan media yang dibutuhkan seperti alat scanner atau banner berisikan QR Code Event.

Berikut fitur-fitur Yang Tersedia Untuk Melihat Data Peserta Acara Anda :

1. Real-Time Check-In Data

Fitur ini memberikan informasi secara langsung tentang status check-in peserta yang hadir selama acara berlangsung. Dalam bagian ini, Anda akan dapat melihat data-data berikut :

  • Nama Peserta (Username) : Menampilkan nama peserta yang sudah terdaftar
  • Email Peserta : Email peserta yang digunakan saat mendaftar
  • Nama Tiket yang Dibeli : Jenis tiket yang dipilih oleh peserta saat mendaftar
  • Status Check-In : Menunjukkan apakah peserta sudah berhasil check-in atau belum.
Menu Check User Pada Agendakota.id

2. Melihat Data Refunds

Apabila Anda mengaktifkan fitur Allow to Refunds pada saat pembuatan tiket acara, fitur ini berguna untuk melihat data siapa saja peserta yang mengajukan pengembalian dana. Data ini terbilang cukup lengkap karena terdiri dari username, email, permasalahan, status, hingga aksi yang diambil.

Berikut data lengkap yang akan Anda lihat pada kotak Refunds :

Menu Data Refund Pembelian Tiket di Agendakota.id

3. Melihat Hasil Dari Order Form

Bagian ini berguna untuk melihat data kelengkapan informasi yang telah diisi oleh peserta melalui formulir kustom pada saat pembelian tiket. Pada bagian ini, Anda dapat melihat nama peserta (username), email, aksi, serta semua pertanyaan yang telah pengelola acara sertakan sebelumnya.

Fitur ini dilengkapi dengan kemampuan mengunduh seluruh data dalam format XLS pada opsi Download XLS.

Baca Juga  Panduan Penggunaan Website Agendakota.id
Menu Hasil Custom Form Pada Agendakota.id

4. Danger Area

Bagian ini disebut dengan area berbahaya sebab pada bagian ini, Anda dapat menghapus event beserta datanya hanya dalam satu kali klik. Sehingga Anda diharuskan untuk berhati-hati dalam penggunaan opsi ini.

Menu Danger Area Pada Agendakota.id

Dengan memahami langkah-langkah check-in serta pengecekan data peserta di Agendakota.id, Anda dapat memastikan proses registrasi acara berjalan dengan lancar dan efisien.

Pastikan untuk mengikuti panduan yang telah disampaikan agar tidak ada kendala selama pelaksanaan acara berlangsung.


Temukan berbagai acara, kegiatan, dan event di kota Anda! Kunjungi agendakota.id sekarang untuk menemukan berbagai acara juga menarik yang akan datang, mulai dari konser, festival, hingga event komunitas yang sayang untuk dilewatkan.

Bagi para event organizer, agendakota.id juga memberikan platform lengkap untuk memanajemen event, tiket, dan reservasi dengan mudah. Daftarkan event Anda sekarang juga dan rasakan kemudahan dalam mengelola sistem ticketing dan reservasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *