Salah satu indikator penting bagi seorang investor atau pemilik bisnis untuk mengetahui sukses atau tidaknya suatu investasi adalah melalui ROI (Return of Investment).
Dengan mengetahui angka Return of Investment, investor dapat mengetahui efisiensi modal, produksi, dan penjualannya. Baca selengkapnya pada artikel berikut.
Pengertian ROI (Return of Investment)
Secara sederhana, ROI atau Return of Investment adalah rasio profit dari suatu investasi dengan jumlah uang yang diinvestasikan. Cara menghitung ROI perlu diketahui untuk melihat keefektifan strategi bisnis.
Nilai ROI ini perlu diketahui baik bagi investor maupun pihak perusahaan. Semakin tinggi nilai ROI yang diperoleh artinya profit dari investasi tersebut semakin besar.
Kemudian, semakin rendah nilai ROI yang didapat maka profit yang didapat juga semakin rendah. Apabila nilainya negatif, artinya bisnis tersebut terdapat kerugian.
Manfaat ROI (Return of Investment)
ROI memiliki manfaat yang besar dalam bisnis atau investasi, diantaranya adalah:
Mengukur Keuntungan dalam Investasi
Jika didapatkan persentase ROI rendah, artinya investasi masih belum membawa keuntungan. Investor pun dapat merencanakan bagaimana penerapan perbaikan strategi investasi yang dapat dilakukan.
Mengukur Efisiensi Penggunaan Dana
Efisiensi penggunaan dana dapat dilihat dari rasio perhitungan ROI. Dari hasil ini juga, kita dapat mengetahui kelemahan dan kekuatan setiap divisi atas alokasi biaya dan modal yang dikeluarkan.
Memahami Efektivitas Strategi yang Diterapkan
Bagi penyelenggara acara MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) perhitungan ROI ini dapat membantu untuk melihat efektivitas strategi yang diterapkan, dan mengidentifikasi aspek yang perlu diperbaiki
Baca juga: Kenali 5 Cara Mengukur ROI bagi Penyelenggara Event MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition)
Cara Menghitung ROI (Return of Investment)
Rumus ROI cukup sederhana, tetapi perlu ketelitian dalam perhitungannya. Cara menghitung ROI adalah dengan membagi antara keuntungan yang didapatkan secara bersih dan dana investasi.
Jika dirumuskan, nilai ROI didapatkan dengan rumus berikut:
ROI= (Pendapatan Investasi-Biaya Investasi)/Biaya Investasi X100%
Contoh Kasus Perhitungan ROI
Kasus pertama dalam bisnis
Perusahaan B melakukan investasi sebesar 200 juta rupiah untuk membeli saham dan mengembangkan usaha penjualan furniture. Setelah satu tahun, usaha tersebut menghasilkan penjualan sebesar 300 juta rupiah.
Cara menghitung ROI (kasus pertama):
Total Pendapatan = Rp300 juta rupiah
Total Biaya = Rp200 juta rupiah
Hasil perhitungan
ROI = (300.000.000 – 200.000.000)/(200.000.000)*100%
Nilai ROI = 50%
Artinya nilai ROI untuk penyelenggaraan acara tersebut adalah 50%, yang berarti perusahaan B mendapatkan keuntungan 50% dengan investasi awalnya.
Kasus kedua dalam penyelenggaran event
Perusahaan Z mengeluarkan dana senilai Rp50 juta rupiah untuk menyelenggarakan sebuah acara promosi produk baru. Biaya tersebut mencakup penyewaan tempat, biaya pemasaran, pengaturan logistik, dan honorarium pembicara.
Setelah acara selesai, perusahaan Z berhasil menarik 200 peserta yang mendaftar dan membeli produk baru mereka dengan total pendapatan sebesar Rp90 juta rupiah.
Cara menghitung ROI (kasus kedua):
Total Pendapatan = Rp90 juta rupiah
Total Biaya = 50 juta rupiah
Hasil perhitungan
ROI = (90.000.000 – 50.000.000)/(50.000.000)*100%
Nilai ROI = 80%
Artinya nilai ROI untuk penyelenggaraan acara tersebut adalah 80%, yang berarti perusahaan Z mendapatkan keuntungan 80% dengan investasi awalnya.
Baca juga: 5 Cara Mengelola Event yang Menarik dan Menghasilkan Revenue Tinggi
Dapatkan ROI yang Tinggi dalam Bisnis dan Penyelenggaraan Event Anda!
Dalam penyelenggaraan acara ataupun bisnis, mengetahui cara menghitung ROI penting untuk menghasilkan nilai Return of Investment yang valid. Nilai ini dapat dijadikan dasar evaluasi untuk menyusun strategi di event selanjutnya.
Untuk mendapatkan nilai ROI yang tinggi tentu diperlukan pengelolaan event yang baik, salah satunya adalah manajemen tiket yang rapi dan terstruktur.
Dengan sistem penjualan tiket yang efisien, penyelenggara dapat memaksimalkan pendapatan dari penjualan tiket yang dilakukan.
Bagi para event organizer, agendakota.id hadir sebagai platform yang akan membantu dalam penyelenggaraan acara. Platform ini akan membantu kamu memanajemen event, tiket, dan reservasi dengan mudah.
Daftarkan event Anda sekarang juga dan rasakan kemudahan dalam mengelola sistem ticketing dan reservasi acara!