Event MICE merupakan jenis acara dan kegiatan yang bertujuan untuk mendukung berbagai pertemuan bisnis, konferensi atau pemeran dagang. MICE sendiri merupakan singkatan dari Meeting, Incentive, Convention, Exhibition.
Jika didefinisikan satu per satu, meeting adalah pertemuan yang diadakan oleh suatu perusahaan atau kelompok untuk membahas kasus tertentu, dapat berupa perencanaan bisnis, kerja sama, atau bahkan evaluasi.
Selanjutnya yaitu incentive yakni suatu program yang diadakan untuk mendorong kinerja pegawai serta motivasi mereka dalam bekerja. Umumnya dapat berupa hiburan, perjalanan liburan, atau penghargaan lainnya.
Kemudian convention atau kongres yakni pertemuan dari suatu perusahaan atau organisasi yang melibatkan partisipan dalam skala besar. Konvensi ini dapat berlangsung dalam beberapa hari dengan agenda kegiatan yang beragam, mulai dari presentasi, pameran karya, seminar, dan lain sebagainya.
Yang terakhir exhibition atau pameran dagang yaitu acara dimana perusahaan akan memamerkan produk atau layanan mereka kepada pengunjung yang telah ditargetkan. Event MICE ini kerap dikaitkan dengan bisnis perhotelan karena hotel sering menjadi tempat untuk pelaksanaan MICE ini. Pihak hotel juga dapat menjadikan event besar ini sebagai peluang meningkatkan pendapatan.
Salah satu cara yang dilakukan oleh penyelenggara event MICE untuk melihat efektivitas strategi mereka adalah dengan melihat nilai ROI.
Dalam acara MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) nilai ROI tidak hanya fokus pada penjualan produk atau tiket selama acara berlangsung, tetapi juga mencakup hal-hal yang bersifat jangka panjang.
Contohnya peluang bisnis, strategi pemasaran, aspek yang perlu diperbaiki hingga kepada loyalitas pelanggan acara. Berikut beberapa tahapan dalam menghitung ROI.
5 Tahapan Menghitung ROI bagi Penyelenggara Event MICE
Persiapan Pra Acara Event MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition)
Persiapan pra acara dalam penyelenggaraan event terdiri dari beberapa aspek. Yang pertama berkaitan dengan identifikasi tujuan acara. Penyelenggara acara harus menetapkan tujuan yang jelas.
Tujuan dapat beragam, seperti meningkatkan awareness pelanggan, meningkatkan konversi penjualan, atau untuk memperluas jaringan, dan lain-lain. Tujuan ini penting karena menjadi dasar untuk evaluasi.
Perhitungan Biaya yang Tepat
Untuk dapat menghitung ROI yang valid, perlu diketahui berapa biaya yang diperlukan dalam penyelenggaraan event tersebut. Pastikan semua dana tercatat dengan baik.
Termasuk biaya yang diperlukan dalam promosi multi-channel seperti melalui media sosial, email marketing, dll. Selain itu biaya-biaya lain seperti sewa tempat, logistik acara, honor tenaga kerja yang dibutuhkan, dan lain sebagainya.
Perhitungan Pendapatan dari Seluruh Acara
Selain biaya yang dikeluarkan, penyelenggara event MICE harus mencatat dengan rinci pendapatan yang didapatkan selama rangkaian event berlangsung. Pendapatan ini didapat dari penjualan tiket, sponsorship, atau pun penjualan produk.
Menghitung ROI dengan Rumus Return Of Investment
Rumus yang digunakan untuk mengetahui nilai ROI adalah sebagai berikut:
ROI= (Pendapatan Investasi-Biaya Investasi)/Biaya Investasi X100%
Contoh perhitungan ROI
Perusahaan T mengeluarkan dana senilai Rp20 juta rupiah untuk menyelenggarakan sebuah acara promosi launching layanan baru. Setelah acara selesai, perusahaan tersebut berhasil mendapatkan total pendapatan sebesar Rp35 juta rupiah.
Langkah-langkah perhitungan ROI:
Total Pendapatan = Rp35 juta rupiah
Total Biaya = 20 juta rupiah
Hasil perhitungan
ROI = (35.000.000 – 20.000.000)/(20.000.000)*100%
Nilai ROI = 75%
Artinya nilai ROI untuk penyelenggaraan acara tersebut adalah 75%, yang berarti perusahaan T mendapatkan keuntungan 75% dengan investasi awalnya.
Lakukan Evaluasi Secara Kuantitatif dan Kualitatif
Setelah acara selesai, tim penyelenggara acara harus mengevaluasi hasil acara baik dari segi kuantitatif dan kualitatif. Secara kuantitatif dapat dilihat dari hasil ROI dan pendapatan, untung/rugi dari acara tersebut.
Selain secara kuantitatif, acara dapat diukur dengan kualitatif yakni dengan melihat nilai media exposure, tingkat kepuasan peserta, antusiasme peserta, kekurangan dalam proses penyelenggaraan, dll.
Menghitung ROI bukanlah hal yang dapat diabaikan oleh penyelenggara event MICE. Beberapa manfaat dari pengukuran ROI ini adalah membantu menentukan keberhasilan acara MICE.
Kemudian melihat efisiensi biaya yang diperlukan dan pendapatan yang didapat. Tidak hanya itu, hasil nilai ROI juga dapat menjadi dasar untuk pengambilan keputusan di acara selanjutnya dan membantu menarik pihak sponsor karena terdapat data kesuksesan yang terukur.
Dapatkan ROI yang Tinggi dalam Bisnis atau Penyelenggaraan Event Anda!
Dalam penyelenggaraan acara atau pun bisnis, perhitungan ROI dapat secara jelas menggambarkan seberapa besar nilai yang diperoleh dari biaya yang dikeluarkan, sehingga dapat membantu penyusunan strategi di event MICE selanjutnya.
Untuk mendapatkan nilai ROI yang tinggi tentu diperlukan pengelolaan event yang baik, salah satunya adalah manajemen tiket yang rapi dan terstruktur.
Bagi para penyelenggara event, agendakota.id hadir sebagai platform yang akan membantu dalam penyelenggaraan acara. Platform ini akan membantu kamu memanajemen event, tiket, dan reservasi dengan mudah. Dengan sistem penjualan tiket yang efisien, penyelenggara dapat memaksimalkan pendapatan dari penjualan tiket yang dilakukan.
Daftarkan event Anda sekarang juga dan rasakan kemudahan dalam mengelola sistem ticketing dan reservasi!