Program Loyalitas Hotel Program Loyalitas Hotel

5 Program Loyalitas Pelanggan untuk Wujudkan Hotel Idaman

Program Loyalitas Pelanggan di Hotel sangat Beragam

Di era persaingan bisnis yang semakin ketat, para pebisnis termasuk pengelola hotel harus mencoba berbagai cara untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Salah satunya melalui program loyalitas.

Program loyalitas pelanggan di hotel tidak hanya akan meningkatkan pendapatan, tetapi juga secara tidak langsung akan membantu pihak hotel dalam memasarkan hotelnya.

Tujuan Program Loyalitas pada Hotel

Sebuah hotel memerlukan loyalty program untuk mewujudkan hal-hal berikut:

Meningkatkan Kepuasan

Pelanggan yang datang dan menginap di hotel, kebanyakan adalah wisatawan atau orang dari luar daerah yang hanya singgah beberapa waktu. Mereka akan mencari hotel mana yang terbaik dan paling affordable bagi mereka.

Ketika pelanggan meninggalkan hotel tersebut, muncullah satu penilaian apakah hotel tersebut worth it untuk dikunjungi kembali atau tidak. Adanya loyalty program akan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Mengakuisisi Pelanggan Baru

Program loyalitas hotel tidak hanya mempertahankan pelanggan lama, tetapi juga dapat mengakuisisi pelanggan baru. Berbagai strategi pemasaran dapat Anda lakukan, seperti pengadaan campaign atau event yang dapat menarik pelanggan baru untuk menikmati fasilitas hotel Anda.

Bersaing di Pasaran

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, saat ini persaingan bisnis semakin ketat. Perlu adanya inovasi dan berbagai program pendukung agar bisnis hotel Anda tetapi diminati oleh pelanggan. Selain bersaing di pasaran, Anda juga dapat meningkatkan ROI dengan adanya program loyalitas ini.

Membangun Citra Positif

Dengan meningkatkan kepuasan pelanggan, pengadaan berbagai event yang menarik, ditambah lagi dengan marketing yang baik, tentu akan membangun citra positif di masyarakat. Di tengah penggunaan media sosial yang semakin masif, citra positif di media sosial juga harus diperhatikan.

Beberapa poin tersebut menjelaskan tentang pentingnya membuat loyalty program pada hotel. Lantas apa saja, program yang dapat dilakukan oleh hotel untuk meningkatkan loyalitas pelanggan?

Baca Juga  Loyalitas Pelanggan: Strategi Efektif untuk Meningkatkannya

5 Program Loyalitas Pelanggan di Hotel

Reward Points Program

Contoh reward point, setiap kali tamu menginap di hotel, mereka akan mengumpulkan poin berdasarkan lamanya mereka bermalam di hotel, jenis kamar yang dipesan, atau layanan tambahan yang mereka pesan. Poin ini nantinya ditukarkan dengan berbagai reward atau diskon pada kunjungan berikutnya. Seperti spa gratis, upgrade kamar, dll.

Membership Bertingkat

Loyalty program ini dibuat dengan memberikan tingkatan keanggotaan berdasarkan frekuensi pelanggan menggunakan layanan. Contoh:

Membership Silver: 5-8 kali menginap per tahun, mendapat diskon 5% pada pemesanan berikutnya.
Gold: 8-15 kali menginap per tahun, mendapat diskon 10%, upgrade kamar gratis, dan akses ke lounge eksekutif.
Platinum: 16 kali menginap atau lebih, mendapat diskon 15%, upgrade kamar premium, layanan concierge khusus, dan akses ke layanan spa gratis.

Experience-Based Loyalty

Khusus untuk tamu yang sering menggunakan layanan hotel bisa mendapatkan pengalaman eksklusif yang lebih personal, seperti akses ke acara khusus, layanan privat, atau pengalaman wisata lokal yang dipersonalisasi. Contohnya, setelah 5 kali menginap, tamu mendapatkan pengalaman makan malam pribadi dengan chef hotel.

Corporate VIP

Corporate VIP sebagai salah satu program loyalitas pelanggan

Program ini ditujukan untuk perusahaan yang sering menyelenggarakan event besar di hotel. Contoh penerapannya, perusahaan yang telah mengadakan lebih dari 3 acara besar dalam setahun dapat menjadi anggota “Corporate VIP“.

Keanggotaan ini memberikan akses ke harga khusus, layanan concierge, dan fasilitas premium. Setiap kali perusahaan tersebut mengadakan acara, mereka akan mendapatkan poin untuk mendapatkan fasilitas tambahan (misalnya, ruang rapat gratis, upgrade penginapan untuk manajer acara, dan lain-lain).

Penyelenggaraan Free Event

Belum banyak yang menerapkan program loyalitas ini. Pihak hotel dapat menyelenggarakan event gratis sebagai bentuk penghargaan kepada pelanggan loyalitas mereka.

Baca Juga  Skill Penting yang Harus Dimiliki oleh Event Organizer

Contoh implementasinya, setiap pelanggan yang sudah menggunakan layanan hotel lebih dari 5 kali akan diundang ke acara eksklusif yang diselenggarakan oleh hotel. Acara ini bisa berupa dinner party, cocktail night, launch event, atau networking event yang mempertemukan pelanggan setia lainnya.

Tidak hanya pelanggan secara personal, program loyalitas pelanggan ini juga dapat mengajak kolaborasi suatu komunitas. Contohnya, mengadakan acara seperti charity gala, workshop, atau kelas kebugaran gratis, dan lain-lain.

Event gratis yang diadakan juga dapat digunakan sebagai salah satu ajang memperkenalkan fasilitas atau layanan baru yang mungkin belum diketahui pelanggan. Namun, tentu dalam penyelenggaraan event, semua harus dipersiapkan dengan matang. Terlebih event ini diadakan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan hotel.

Salah satu cara untuk memberikan kenyamanan pelanggan dalam mengikuti event adalah ticketing yang rapi dan mudah.

Dengan ticketing management system yang baik, pelanggan akan lebih tertarik dalam mengikuti event tersebut. Selain itu, pihak hotel juga akan lebih mudah dalam melakukan tracking pelanggan.

Agendakota.id hadir untuk membantu dalam melancarkan event yang Anda laksanakan. Platform kami menawarkan sistem manajemen tiket dan pemesanan all-in-one yang disesuaikan dengan kebutuhan penyelenggara acara.

Platform agendakota.id juga dirancang ramah bagi pengguna yang tidak terbiasa dengan teknologi. Daftarkan event Anda di agendakota.id, sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *