Dalam dunia bisnis khususnya hotel, loyalitas pelanggan menjadi salah satu aspek yang penting. Pelanggan yang loyal akan berpotensi ikut membantu dalam mempromosikan bisnis kepada orang lain.
Membangun loyalitas pelanggan hotel tidak bisa dilakukan secepat kilat. Perlu proses dan strategi pemasaran yang matang dalam membangunnya. Kemudian juga memerlukan konsistensi.
Loyalitas pelanggan ini juga tidak hanya bergantung pada produk dan layanan yang diberikan tetapi juga melibatkan seluruh pengalaman mereka dalam berinteraksi atau berlangganan di bisnis Anda. Berikut penjelasan lengkapnya
Oleh karena itu, penting bagi para pebisnis atau owner membangun hubungan baik pada pelanggan memberi nilai tambah ke pelanggan yang menunjukkan loyalitasnya.
Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Hotel
Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan dalam meningkatkan loyalitas customer dalam bisnis yang kita jalani:
Mengadakan Program Loyalitas
Salah satu cara efektif untuk mempertahankan pelanggan adalah membuat program loyalitas. Program ini dapat bervariasi, berupa poin reward, diskon, akses eksklusif produk atau layanan terbaru, dan lain-lain. Dengan program loyalitas ini, para pelanggan akan merasa lebih dihargai dan termotivasi untuk tetap berlangganan.
Meningkatkan Kualitas Produk atau Layanan
Dengan produk yang berkualitas dan layanan yang prima, pelanggan juga akan semakin loyal dan percaya dengan brand Anda. Mereka tidak akan berfikir dua kali ketika ada produk baru atau layanan baru karena pelanggan sudah percaya dengan kualitasnya.
Mendengarkan Masukan dan Umpan Balik Dari Pelanggan
Pelanggan akan merasa senang ketika Anda berkenan untuk mendengarkan setiap masukan yang mereka berikan. Umpan balik baik itu positif atau negatif menjadi salah satu indikator bahwa pelanggan sudah memiliki awareness terhadap produk atau layanan yang Anda berikan.
Meningkatkan Reputasi Merek/Brand di Masyarakat
Loyalitas customer akan terus meningkat seiring dengan merek/brand yang semakin memiliki reputasi positif di masyarakat. Salah satu cara meningkatkan reputasi di masyarakat yakni dengan penyelenggaraan event-event berkualitas sesuai dengan bidang bisnis Anda.
Bangun Komunikasi yang Terbuka
Komunikasi menjadi salah satu aspek yang tidak bisa disepelekan dalam suatu bisnis. Baik komunikasi secara internal tim maupun ke eksternal yakni pelanggan.
Pelanggan akan merasa senang ketika dapat melihat berbagai update dalam bisnis Anda. Komunikasi ini dapat dibangun secara personal maupun melalui sosial media. Contohnya dengan post konten di media sosial, promosi melalui email newsletter, dan lain sebagainya.
Memberikan Solusi terhadap Permasalahan Pelanggan
Pelanggan akan semakin loyal ketika brand atau bisnis Anda berhasil memberikan solusi terhadap permasalahannya. Contohnya, sebuah hotel yang memberikan pelayanan berupa free antar-jemput bandara. Hal ini tentu sangat memudahkan pelanggan yang memiliki masalah dalam transportasi.
Memasang Tarif yang Bersaing
Customer tentu ingin mendapatkan pelayanan dan/atau produk sebaik mungkin tetapi juga dengan harga yang bersaing di pasaran serta sesuai dengan target market.
Pebisnis harus melakukan riset pasar untuk melakukan perbandingan harga atau menghitung Break Even Point (BEP). Jika Anda ingin memasang harga lebih tinggi, pastikan produk/layanan Anda juga memiliki keunggulan dibandingkan brand lainnya.
Menyediakan Fasilitas yang Prima
Fasilitas yang memadai semakin membuat pelanggan betah dengan layanan Anda. Salah satunya yakni ketika Anda mengadakan sebuah event bisnis, manajemen ticketing menjadi salah satu fasilitas yang mempermudah pelanggan dan membuat acara Anda semakin naik kelas.
Cara Implementasi dalam Bisnis
Cara meningkatkan loyalitas customer sangatlah beragam. Untuk menerapkannya, Anda dapat menyesuaikan dengan kondisi bisnis yang Anda jalani.
Salah satu contoh cara pengimplementasiannya yakni dengan program loyalitas dalam bisnis perhotelan. Anda dapat membuat program yakni tamu dapat mengakses pengalaman eksklusif yang hanya tersedia bagi pelanggan-pelanggan loyalitas.
Contoh acara eksklusif yakni workshop bisnis, cooking class with chef, candle light dinner, atau acara hiburan lainnya.
Tidak hanya program loyalitas, penyelenggaraan event di hotel, klinik, atau instansi lainnya juga dapat meningkatkan customer loyalty. Untuk memberikan pengalaman yang berkesan selama event berlangsung, pastikan semua proses transaksi berjalan lancar, termasuk dalam hal manajemen ticketing.
System Management Ticketing akan Memperlancar Event Anda
Layanan manajemen tiket yang efisien dan terintegrasi sangat penting, terutama dalam acara yang diselenggarakan di tempat-tempat seperti hotel atau klinik.
Dengan menggunakan sistem manajemen tiket yang baik, pelanggan akan mudah dalam mengakses dan membeli tiket. Kemudian di sisi penyelenggara, manajemen ticketing ini akan memudahkan dalam pengumpulan data pelanggan.
Ke depannya juga akan memudahkan ketika akan menawarkan promo atau hadiah eksklusif, serta memberikan informasi lebih lanjut tentang acara yang lain.
Bagi para penyelenggara acara hotel, klinik, atau pun komunitas, agendakota.id hadir sebagai platform yang akan membantu management ticketing acara Anda.
Daftarkan event Anda sekarang juga dan rasakan kemudahan dalam mengelola sistem ticketing dan reservasi acara!