Strategi Event Marketing Strategi Event Marketing

Kenali Event Marketing Bisnis: Mulai dari Contoh, Manfaat hingga Strateginya

Event Marketing Bisnis

Suatu bisnis mulai dari hotel, klinik, ataupun wellness community melakukan event marketing sebagai salah satu cara untuk memperkenalkan layanan baru mereka. Marketing ini dilakukan untuk memaksimalkan potensi bisnis yang ada.

Event marketing juga menjadi kesempatan bagi para pebisnis untuk membangun brand awareness di kalangan masyarakat. Lantas, bagaimana cara kerjanya dan apa saja strategi serta contoh penerapannya yang bisa membawa kesuksesan bagi bisnis Anda? Temukan jawabannya di sini!

Pengertian Event Marketing

Secara sederhana event marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan dengan menyelenggarakan acara. Acara ini dapat berupa workshop, seminar tematik, event musiman, gala dinner, dan lain-lain. Jenis marketing ini penting cocok diterapkan di klinik, hotel, restoran, atau wellness community.

Contoh Event Marketing

1. Pameran

Pihak hotel, klinik, resto atau wellness community dapat mengadakan aneka pameran produk yang tidak hanya berfokus dari internal saja. Melainkan dapat melakukan kerja sama dengan brand lain (non-kompetitor).

2. Seminar atau Workshop

Para pebisnis juga dapat mengadakan seminar dengan tema tertentu yang  menarik dan memiliki target audience yang terukur. Seminar dapat mengundang pembicara besar dan profesional di bidangnya untuk meningkatkan kepercayaan calon pelanggan.

3. Peluncuran Produk atau Layanan Baru

Apabila bisnis Anda memiliki layanan baru, Anda dapat mengadakan event soft launching atau grand launching yang menyasar pada calon pelanggan sebagai salah satu cara mempromosikan produk atau layanan terbaru.

Manfaat Event Marketing

Dalam acara promosi seperti ini, event management menjadi hal yang harus diperhatikan karena event marketing memiliki manfaat yang  luas untuk brand Anda nantinya. Berikut beberapa manfaatnya:

Memperkuat Citra Brand

Beberapa brand atau bisnis baik lokal maupun nasional menjadikan event marketing sebagai ajang untuk memperkuat keberadaan brand mereka di pasaran. Terlebih jika brand atau bisnis tersebut masih tergolong baru dan masih dalam tahap awareness ke calon pelanggan.

Baca Juga  Mengelola Event Lebih Mudah dengan Platform Agendakota

Event marketing yang berhasil mencuri perhatian pelanggan dan membangun interaksi yang baik dengan pengunjungnya, maka brand Anda akan semakin dilirik oleh mereka.

Efektif dalam Menyampaikan Pesan

Penyelenggaraan acara ini juga sangat efektif dalam menyampaikan pesan dan nilai-nilai yang bisnis Anda terapkan kepada para calon pelanggan. Sebab, tidak jarang identitas atau nilai dari sebuah brand terkesan kabur dan tidak diingat oleh calon pelanggan apabila hanya disampaikan dalam iklan visual.

Memudahkan Persaingan dengan Kompetitor

Saat ini bisnis telah merambah ke berbagai sektor dan yang menjadikan pembeda antara bisnis satu dengan lainnya adalah nilai yang dibawa. USP (Unique Selling Proposition) menjadi salah satu hal penting agar brand Anda dilirik oleh calon customer. Salah satu cara mengenalkan USP kita ke calon pelanggan yakni melalui event marketing.

Strategi Event Marketing untuk Bisnis

Tentukan Jenis Acara dan Target Market

Saat mulai mengelola acara, setelah Anda memutuskan untuk membuat event marketing bisnis, tentukan jenis event yang akan diambil. Apakah dalam bentuk bazar, pameran, workshop atau yang lainnya. Pastikan Anda telah menentukan juga target marketing dari penyelenggaraan event bisnis tersebut.

Promosikan melalui Sosial Media

Promosi Instagram

Media sosial sudah tidak diragukan lagi keefektifannya sebagai alat promosi. Pastikan Anda mengunggah konten berkaitan dengan pengadaan event tersebut. Jika bisnis Anda telah memiliki website yang terintegrasi, arahkan juga sosial media ke situs web agar pelanggan dapat melihat produk layanan secara langsung.

Promosi dengan Mengundang Influencer

Bekerja sama dengan influencer kini menjadi bagian penting dalam strategi pemasaran karena mereka memiliki kemampuan untuk meningkatkan brand awareness, memperluas jangkauan, dan menarik calon customer untuk hadir dalam event marketing tersebut.

Baca Juga  Pentingnya Event Management pada Penyelenggaraan Acara Bisnis

Lakukan kolaborasi

Bisnis Anda dapat mengadakan event  yang berkolaborasi dengan banyak pihak seperti UMKM, komunitas, dan lain-lain. Hal ini dilakukan untuk membantu memeriahkan event dan tentunya dapat saling berdampak positif satu sama lain.

Gunakan Event Management Tools

Platform agendakota.id

Untuk memberikan pengalaman yang berkesan selama event berlangsung, pastikan event management berjalan dengan baik dan semua proses transaksi berjalan lancar. Termasuk dalam hal manajemen tiket acara.

Layanan manajemen tiket yang efisien dan terintegrasi sangat penting, terutama dalam acara yang diselenggarakan di tempat-tempat seperti hotel, klinik, komunitas, dll.

Dengan menggunakan sistem manajemen tiket yang baik, pelanggan akan mudah dalam mengakses dan membeli tiket. Kemudian di sisi penyelenggara, ticketing management tools ini akan memudahkan dalam pengumpulan data pelanggan.

Ke depannya juga akan memudahkan ketika akan menawarkan promo atau hadiah eksklusif, serta memberikan informasi lebih lanjut tentang acara yang lain.

Untuk Anda para penyelenggara acara hotel, klinik, atau komunitas, agendakota.id adalah solusi platform terbaik untuk mengelola sistem ticketing dan reservasi acara dengan mudah dan efisien.

Jangan lewatkan kemudahan dalam mengatur dan mengoptimalkan acara. Daftarkan event Anda sekarang di Agendakota.id dan nikmati pengalaman ticketing yang praktis serta fitur canggih yang akan membuat acara semakin sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *