Ketika berbicara terkait promosi dan pengelolaan hotel, situs website telah memegang peran penting. Sebab, mayoritas calon pengunjung akan mencari informasi hotel Anda melalui internet dan platform digital lainnya.
Dengan pengelolaan website yang baik, pengguna akan memiliki kepercayaan yang tinggi dan berminat untuk melihat berbagai layanan di hotel Anda. Para pengguna hotel juga cenderung memilih website hotel yang menyediakan informasi lengkap.
Mengapa Website Hotel Penting untuk Dioptimalkan?
Terdapat beberapa hal yang mendasari mengapa website hotel perlu dioptimalkan. Beberapa diantaranya sebagai berikut:
1. Meningkatkan Brand Awareness
Keberadaan website di mesin pencari khususnya di halaman pertama google akan membantu meningkatkan brand awareness hotel Anda. Pelanggan yang ingin mencari hotel tujuannya pasti melihat nama brand hotel di google dan menjelajahi satu per satu layanan yang sesuai dengan keinginannya.
Oleh karena itu, pengelolaan website hotel tidak bisa sembarangan. Untuk meningkatkan awareness calon pelanggan terhadap hotel Anda, Anda harus mampu memaksimalkan website dengan semenarik dan sesolutif mungkin.
2. Meningkatkan Direct Booking Hotel
Saat ini sistem pemesanan hotel dapat dilakukan dengan pemesanan langsung atau direct booking dan pemesanan melalui perantara yakni Online Travel Agent. Jika Anda ingin mengurangi ketergantungan pelanggan melalui OTA, maka hotel Anda perlu untuk mengoptimalkan website.
3. Mengumpulkan Data Pelanggan
Dengan direct booking melalui website, Anda akan mendapatkan data pelanggan yang dapat diolah untuk menjadi target promosi ke depan. Data pelanggan ini juga dapat digunakan untuk menganalisis pelanggan hotel Anda dari segi demografi atau behaviornya.
Setelah data pelanggan dipersonalisasi, Anda dapat menggunakannya untuk membuat email marketing yang menyasar secara personal.
4. Membangun Kepercayaan dan Kredibilitas
Website hotel professional yang disertai dengan gambar, ulasan, pelayanan, dll akan meningkatkan kepercayaan pelanggan hotel Anda. Semakin baik rating website maka akan semakin kredibel pula hotel Anda di mata para pelanggan.
Melihat betapa pentingnya pengelolaan website hotel, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan website hotel yang Anda miliki.
Bagaimana Strategi Pengelolaan Website Hotel?
1. Mengoptimalkan SEO Website
Agar website dapat terindeks oleh google dan muncul di page pertama, SEO website Anda harus baik dan memenuhi kaidah SEO. Berikut cara agar website Anda dapat optimal secara SEO:
1) Riset Keyword
Keyword adalah kata kunci yang digunakan oleh pengguna untuk mencari suatu topik di search engine.
2) Buat Judul yang Menarik
Judul yang menarik dan mampu menjawab search intent akan lebih banyak diminati. Secara teknikal, jumlah karakter pada judul berkisar 50-60 karakter.
3) Buat Meta Deskripsi dan URL sesuai Kaidah SEO
Meta deskripsi adalah deskripsi singkat artikel yang bertujuan untuk menarik audiens. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan dalam pembuatan meta deskripsi yakni, pertama sematkan kata kunci. Masukkan kata kunci secara natural dan tidak spamming keyword di artikel.
Kedua, perhatikan jumlah karakter dalam deskripsi. Panjang meta deskripsi yakni antara 155 – 160 karakter. Ketiga, memuat cuplikan konten artikel. Meta deskripsi yang baik dapat sedikit menggambarkan isi artikel dan menarik audiens untuk membaca lebih utuh serta disertai dengan Call To Action.
4) Mencantumkan Gambar yang Relevan
Pastikan gambar yang dicantumkan relevan dengan topik yang dibahas. Kemudian lakukan optimasi gambar Anda dengan hal-hal teknikan seperti, penggunana gambar maks.100 kb, mengubah format gambar menjadi webp, dan mencantumkan keyword pada judul image dan alt image.
5) Pastikan Website Mobile Friendly
Website yang mobile friendly lebih disukai audiens karena kebanyakan mereka masih aktif melakukan booking hotel melalui handphone.
2. Membuat Konten Berkualitas
Pastikan website Anda menyajikan konten yang berkualitas dengan keyword yang sudah dicari sebelumnya. Anda dapat membuat konten informatif, konten ulasan, konten untuk mempromosikan pelayanan hotel, dll.
Buatkan konten yang dapat menjawab kebutuhan pelanggan. Konten yang berkualitas juga harus kredibel dan mampu memberikan user experience ke pembacanya.
3. Menggunakan Google My Business
Fitur gratis dari Google ini memungkinkan Anda untuk menampilkan profil hotel, termasuk alamat, kontak, dan tautan website, di hasil pencarian Google.
Selain mengoptimalkan Google Business Profile, Anda juga perlu melakukan peninjauan rutin terhadap ulasan pelanggan dan rating hotel Anda. Untuk meningkatkan interaksi, Anda dapat lebih aktif merespons komentar pengguna dan meningkatkan layanan berdasarkan masukan serta kritik dari pelanggan.
4. Desain Website yang Menarik dan Eye Catching
Dengan semakin banyaknya pengguna internet yang mengakses website melalui perangkat mobile, penting bagi website hotel untuk memastikan hotel memiliki desain yang eye catching, jelas, dan tidak memperlambat kinerja website.
5. Kemudahan Pemesanan Hotel
Proses pemesanan harus sesederhana dan secepat mungkin. Pengunjung harus dapat memeriksa ketersediaan, memilih kamar, dan memesan masa inap mereka dengan beberapa klik saja. Pilihan pembayaran yang fleksibel, keamanan yang aman, dan konfirmasi pemesanan yang jelas dapat memberikan ketenangan pikiran bagi tamu.
Dengan menerapkan strategi desain ini, hotel dapat membuat situs web yang memikat pengunjung, meningkatkan konversi, dan membangun hubungan yang langgeng dengan tamu mereka.
6. Pemberian Rating dan Review
Pemberian rating dan review menjadi salah satu cara berkomunikasi dengan pelanggan dan menciptakan kredibilitas hotel. Review-review positif akan mempengaruhi pelanggan lain yang sedang mempertimbangkan sebelum booking hotel Anda.
7. Promosi Penawaran Istimewa
Di dalam website, Anda dapat mengoptimalkan dengan memberikan list penawaran hotel spesial. Promosi di website ini juga sangat menarik dan mampu meningkatkan direct booking hotel Anda.
8. Cantumkan Galeri Pendukung
Foto atau video yang diunggah di website sangat membantu calon pelanggan untuk mendapatkan gambaran pelayanan hotel Anda. Galeri yang menarik akan membantu pelanggan dalam meyakinkan pilihan pesanannya.
Anda juga dapat mencantumkan foto-foto sarana prasarana atau penggunaan teknologi IoT yang digunakan oleh hotel Anda untuk menarik pelanggan.
9. Pemberian Fitur Multi Language
Anda tidak pernah tahu siapa yang akan membooking hotel. Terdapat kemungkinan orang yang berasal dari luar negeri akan ikut dalam pemesanan kamar. Oleh karena itu, untuk memudahkan mereka, fitur multi language ini sebaiknya diadakan.
10. Localize Hotel
Localize hotel ini merujuk pada pengelolaan hotel yang menyesuaikan layanan, fitur, atau promosi berdasarkan kebutuhan, budaya, dan preferensi lokal. Tujuan utamanya adalah membuat hotel lebih relevan bagi tamu yang berada di lokasi tersebut. Seperti menu makanan lokal, budaya lokal, dan menyajikan informasi terkait event lokal tertentu.
Untuk mengoptimalkan penyelenggaraan event di hotel, penting bagi Anda untuk mulai mempersiapkan berbagai alat yang dapat mendukung pengelolaan acara, salah satunya adalah ticketing management system.
Agendakota hadir sebagai solusi untuk memastikan kelancaran pendaftaran pada setiap event di hotel Anda.
Dengan fitur-fitur canggih yang ditawarkan, Agendakota menjadi platform ticketing management system andal yang akan membantu Anda mengatur tiket acara secara efisien, mulai dari proses pendaftaran hingga pelaporan, sehingga acara berjalan lebih lancar dan terorganisir.
Daftarkan event Anda sekarang di Agendakota dan wujudkan acara hotel yang sukses!