Email marketing hotel Email marketing hotel

Cara Efektif Mengelola Email Marketing untuk Hotel di Era Digital

Email marketing

Di era digital saat ini, penggunaan tools digital telah menjadi kebutuhan utama bagi hotel untuk mengelola berbagai aspek operasional dan pemasaran hotel Anda. Berbagai teknologi seperti Internet of Thing (IoT), sistem manajemen hotel, dan platform media sosial memungkinkan hotel untuk meningkatkan efisiensi, memperluas jangkauan, dan membangun loyalitas pelanggan.

Salah satu alat digital yang sangat efektif dalam membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan hotel Anda adalah email marketing atau pemasaran melalui email.

Penggunaan email marketing dalam industri perhotelan merupakan strategi yang sangat efektif untuk membangun hubungan dengan tamu, meningkatkan loyalitas, dan mendorong pemesanan berulang.

Mengapa Email Marketing Penting untuk Hotel?

Beberapa manfaat menggunakan email marketing hotel adalah sebagai berikut:

Meningkatkan Direct Booking

Email marketing memberikan peluang hotel Anda berkomunikasi langsung dengan tamu potensial. Anda dapat memberikan penawaran eksklusif dan promosi diskon atau yang lainnya.

Dengan mengirimkan email yang telah dipersonalisasi, strategi marketing ini meningkatkan direct booking dan mengurangi ketergantungan pada platform pemesanan pihak ketiga.

Membangun Loyalitas Pelanggan

Email marketing hotel memberikan peluang untuk hotel tetap terhubung dengan pelanggan dengan membagikan konten yang relevan dan memberikan update terbaru tentang pelayanan atau promo hotel.

Selain itu, dengan mengirimkan penawaran yang dipersonalisasi, survei pasca pelanggan menginap di hotel, dan pembaruan tentang acara yang akan datang, pelanggan akan lebih merasa dihargai keberadaannya.

Komunikasi Lebih Tepat Sasaran

Dengan email marketing, hotel dapat membagi pelanggan mereka berdasarkan preferensi, demografi, dan pengalaman sebelumnya. Sehingga hal ini memastikan setiap email relevan dengan penerima.

Strategi Pemasaran yang Hemat Biaya

Dibandingkan dengan metode promosi secara konvensional, email marketing hotel hanya membutuhkan biaya yang minim. Dengan biaya yang tidak banyak, hotel tetap dapat menjangkau audiens yang luas dan mendapatkan hasil yang terukur.

Tipe Email Marketing Hotel

Dalam penerapannya, tipe email marketing untuk hotel cukup beragam. Berikut rinciannya:

Baca Juga  Up Selling di Restoran: "Seni Menawarkan Lebih Tanpa Memaksa"

1. Welcoming Email

Welcoming email digunakan untuk menyambut subscriber baru bisnis hotel Anda. Welcoming email akan membantu pelanggan mengetahui bahwa mereka telah terhubung dengan bisnis Anda dan akan menerima beragam informasi ke depannya.

2. Newsletter Email

Newsletter email berisi informasi terbaru dan uptodate. Tujuannya yaitu menjaga loyalitas pelanggan dan memberikan informasi perkembangan produk serta layanan agar mereka tertarik.

3. Invitation Email

Invitation email fokus untuk mengajak pelanggan berpartisipasi atau hadir dalam kegiatan tertentu yang Anda adakan. Invitation email dikirimkan kepada pelanggan yang mendaftarkan dirinya di event tertentu.

4. Survey Email

Survey email ini memberikan kesempatan pada pelanggan untuk berpendapat dan memberikan masukan terhadap layanan yang hotel Anda berikan. Survey email ini dapat dikirimkan pada pelanggan yang baru saja menggunakan layanan hotel atau menginap di hotel Anda.

5. Promotional Email

Strategi email marketing dapat berupa promosi. Promotional email berisi promo layanan atau produk tertentu yang sedang diberikan oleh hotel Anda. Contohnya, promo bundling paket pesan hotel + private dinner.

6. Seasonal Email

email marketing seasonal

Tipe email selanjutnya adalah email seasonal yang dikirimkan saat waktu-waktu tertentu. Contohnya dalam perayaan natal, tahun baru, hari raya idul fitri, anniversary hotel, dll.

Banyak jenis email yang dapat digunakan untuk mengelola bisnis hotel Anda. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan menjalankan email marketing ini.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Melakukan Email Marketing Hotel

Tentukan Automated Funnels

Automated funnels dalam email marketing adalah serangkaian tipe atau jenis email yang dikirimkan secara otomatis kepada pengguna berdasarkan tindakan atau perilaku mereka. Menggunakan sistem otomatisasi ini akan membantu hotel Anda untuk bekerja lebih efisien.

Dengan otomatisasi, hotel Anda dapat mengatur isi email secara otomatis, dan pengiriman email dengan waktu yang tepat. Automated funnels juga bertujuan menjaga hubungan denga pelanggan, dan mempersonalisasi pengalaman mereka.

Baca Juga  Mengupas Marketing Mix 7P Agendakota: Sukses di Dunia Event

Segmentasi dan Personalisasi

Segmentasi audiens memegang peranan penting dalam email marketing. Hotel Anda harus mengelompokkan daftar email berdasarkan preferensi tamu, seperti jenis perjalanan (bisnis atau liburan) atau riwayat pemesanan.

Dengan segmentasi yang tepat, hotel dapat mengirimkan email yang lebih sesuai dan menarik bagi setiap kelompok, sehingga meningkatkan peluang konversi.

Integrasi Email Marketing dengan Strategi Pemasaran Lain

Email sosial media

Agar lebih optimal, email marketing hotel sebaiknya diintegrasikan dengan strategi marketing yang lain seperti website hotel ataupun sosial media. Hal ini bertujuan untuk lebih memperluas jangkauan marketing hotel.

Susun Email dengan Komprehensif dan Menarik

Seperti membuat tulisan pada konten sosial media atau website, pembuatan email marketing juga harus rapi dan mudah dibaca. Alur dan tata bahasa harus jelas dan menarik. Selain itu, dalam email yang tidak kalah penting adalah penyusunan subjek.

Baris subjek merupakan hal pertama yang akan menentukan apakah pelanggan akan membuka email atau tidak, sehingga pastikan subjek yang Anda buat menarik. Beberapa tips yang dapat Anda gunakan dalam pembuatan subjek email adalah sebagai berikut:

Berikan spesifik topik atau lokasi yang sesuai dengan demografi audiens.

  • Masukkan elemen angka untuk menarik perhatian.
  • Buatlah subjek berupa pertanyaan yang akan memicu rasa ingin tahu pembaca.
  • Isi email marketing hotel juga dapat didukung dengan penambahan gambar agar lebih menarik.

Cantumkan Testimoni Pelanggan Hotel

Jika Anda mengirimkan email marketing hotel ke pelanggan, Anda dapat mencantumkan testimoni pelanggan sebelumnya agar meningkatkan kepercayaan pembaca. Strategi ini akan membantu meyakinkan pelanggan bahwa promosi yang Anda berikan sudah terjamin sebelumnya sehingga mereka tidak perlu mencari testimoni melalui website atau media lain.

Kirim Email di Waktu yang Tepat

Hal yang sederhana ini terkadang luput dalam pengelolaan email marketing yakni waktu untuk mengirim email. Pastikan email dari hotel Anda terkirim di waktu yang tepat. Secara umum Anda dapat mengirimkan email pada:

  • Pagi Hari (09.00-11.00 AM): Di jam tersebut, orang cenderung membuka email mereka sebelum beraktivitas
  • Sore Hari (1.00-3.00 PM): Beberapa orang juga membuka email saat jam makan siang atau di sela-sela pekerjaan mereka.
Baca Juga  Simak 20+ Promo Hotel Spesial Libur Natal & Tahun Baru di Batu - Malang

Kemudian secara khusus, Anda perlu memperhatikan email yang Anda kirimkan. Terlebih apabila email itu bersifat seasonal.

Penggunaan Call To Action yang Tepat

CTA Email marketing

Email-email yang Anda kirimkan tentu memiliki tujuannya masing-masing. Oleh karena itu, Anda perlu mencantumkan call to action yang sesuai. Contohnya ketika Anda memberikan email promosi hotel menjelang akhir tahun, Anda dapat memberikan Call to Action seperti, “Liburan akhir tahun semakin dekat! Booking sekarang juga dan dapatkan harga terbaik.

Berbeda halnya dengan email marketing yang bertujuan untuk mempromosikan event. Ketika tujuan Anda agar pelanggan mendaftarkan diri di event yang Anda promosikan, Anda dapat mencantumkan Call to Action “Yuk segera daftarkan diri Anda di event tahunan ini, klik link di bawah ini ya!

Email marketing tidak hanya digunakan untuk mempromosikan layanan hotel yang berkaitan dengan penginapan, tetapi juga event. Email marketing hotel menjadi salah satu strategi untuk menjangkau lebih banyak orang untuk hadir dalam event yang diselenggarakan.

Dalam menyelenggarakan event, selain promosi ada hal lain yang harus diperhatikan. Salah satunya yakni ticketing management system. Pengelolaan tiket acara secara konvensional seringkali menimbulkan kesalahan atau human error.

Oleh karena itu diperlukan platform yang dapat membantu mengelola tiket secara sistematis dan terintegrasi.
Agendakota hadir sebagai platform ticketing management system yang akan membantu Anda dalam mengelola tiket acara pelanggan. Platform ini juga memudahkan Anda dalam tracking data pelanggan.

Segera daftarkan event Anda di Agendakota  dan pengelolaan tiket acara Anda akan jadi lebih mudah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *